Informasi

Atasi Persebaran Covid-19 di Indonesia, Kemenkominfo Siapkan Aplikasi Khusus

Sumber: Situs Resmi Kemenkominfo

Pemerintah Indonesia terus bekerja keras untuk mengatasi pandemi virus corona (covid-19) di Tanah Air. Yang terbaru, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana untuk meluncurkan sebuah aplikasi berbasis ponsel pintar yang berfungsi untuk melacak dan mengetahui status penderita covid-19.

Hal tersebut telah diputuskan dalam Keputusan Menteri Kominfo No 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan Covid-19 melalui Dukungan Sektor Pos dan Informatika yang ditandatangani Kamis (26/03) di Jakarta. Keputusan tersebut diambil, setelah Kemenkominfo berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan,  Kementerian BUMN, BNPB dan operator telekomunikasi di Indonesia.

Aplikasi yang akan digunakan oleh Kemenkominfo tersebut dinamakan TRACETOGETHER yang dikembangkan ole operator telekomunikasi, dan akan dipasang pada smartphone dari pasien positif covid-19. Dengan fungsi, untuk memberikan penanganan darurat apabila terjadi situasi kedaruratan kepada pasien. Selain juga dapat melakukan pelacakan (tracing) dan pemblokadean (fencing), dan juga peringatan (warning) jika melewati lokasi isolasinya.

“Aplikasi tracking akan menggunakan aplikasi yang dapat me-log pergerakan pasien positif covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi tersebut juga terhubung dengan operator seluler lain, untuk menghasilkan visualisasi yang sama,” ungkap Menkominfo Johnny G Plate, dalam siaran pers nya.

Setelah ada hasil tracing dan tracking di nomor sekitar pasien positif covid-19 yang terdeteksi, maka akan diberikan peringatan dan segera menjalankan protokol ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Disamping aplikasi TRACETOGETHER, Pemerintah juga akan berencana memonitor berkumpulnya orang atau warga dalam masa darurat dlama rangka jaga jarak aman (physical distanding) melalui data pergerakan smartphone, baik menggunakan data nomor HP atau juga hal yang lain. Nantinya, berdasar data BTS, akan diberikan peringatan kepada mereka melalui SMS Blast.

Kebijakan tersebut, akan diberlalukan, hingga masa darurat sudah terlewati

“Untuk itu dalam menghadapi Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona, saya mengajak masyarakat untuk mematuhi semua arahan pemerintah dan protokol-protkol yang diterbitkan oleh kita. Dan semua perkembangan dan petunjuk yang kami lakukan melalui sarana telekomunikasi,” pungkas Menkominfo.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close